99 Persen Masyarakat Kasemen BAB Sembarangan

KOTA SERANG, TerasBanten Lembaga Dompet Duafa mengadakan acara Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC), di Kampung Lorog, Kelurahan Bendung, Kecamatan Kasemen, Kamis(3/10/019). Hal itu dilakukan lantaran Kota Serang masih menyisahkan Persoalan Buang Air Besar (BAB) sembarangan.

Dalam kegiatan tersebut, Dompet Duafa terkejut dengan ditemukannya masyarakat Kasemen yang belum sadar mengenai BAB pada tempat layak. Bahkan 99 persen masyarakat Kasemen masih BAB di sembarang tempat, seperti kebun, sawah maupun di kali.

“Kali ini kita berikan penjelasan bahwa perilaku BAB itu tidak baik. Hampir 99 persen masyarakat disini tidak punya WC, karna sering BAB juga Deket dengan pemukiman,” kata Danan penanggung jawab Program LKC Dompet Dhuafa Banten kepada awak media di lokasi. Kamis (3/10/2019).

Danan mengatakan, dari 125 Kartu Keluarga (KK) di Kampung Lorog terdapat 85 rumah, dan hanya 2 rumah yang memiliki jamban. Setelah di berikan edukasi LCK Dompet Dhuafa, kata dia, sekitar 27 warga mengaku siap membangun jamban.

“Jadi mereka tidak punya WC, dan itu menjadi tradisi mereka. Karena liat dari rumah banyak semi permanen dan sudah di keramik, dan punya motor. Jadi mereka mengedepankan bangun rumah dulu dari pada jamban,” jelasnya.

Lanjut Danan, secara katagori Masyarakat Kasemen, di Kampung Lorog, ekonominya menengah ke bawah. Setelah di edukasi pihak LKC siap memberikan satu warga dua sak semen dan satu buah kloset.

“Kita berikan semen dua sak dan satu kloset. Sisanya mereka semua, ada sekitar 27 warga yang akan bangun jamban,” tandasnya.

14 Total View 1 Today View

Redaksi TerasBanten

INFORMASI BERIMBANG DAN AKURAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *