Batan Dan Komisi II DPRD Tangsel Bahas Paparan Radiasi

Tangsel, Terasbanten.id – Komisi II DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) melakukan pertemuan diruang komisi II DPRD Tangsel. Pertemuan itu membahas peristiwa paparan radioaktif di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangsel, Kamis (20/2/2020).

Dalam pertemuan di Ruang Komisi II DPRD Tangsel tersebut dihadiri oleh Ketua Komisi II Sukarya, Kadis Kesehatan Tangsel Deden Deni, Kepala Bidang Pemantauan dan Lingkungan Batan Chevy Cahyana, Kepala Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir Batan Agus Sumaryanto, dan Kepala Deputi Teknologi Energi Nuklir Batan Suryantoro.

Menurut Sukarya pihaknya meminta masyarakat tidak perlu khawatir atas peristiwa paparan radioaktif di Perumahan Batan Indah.

Pasalnya, kasus tersebut sepenuhnya telah ditangani dan diserahkan kepada pihak yang berwenang.

“Untuk masyarakat jangan panik, ini tidak seperti kasus di Chernobyl dan Fukushima, Jepang. Kita serahkan ini kepada yang ahli, saya harap juga media tidak membuat masyarakat merasa ketakutan, kita serahkan ini kepada ahli nya,” terangnya.

Sementara ditempat yang sama Kepala Deputi Teknologi Energi Nuklir Batan, Suryantoro dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa paparan radioaktif serpihan Cesium 137 (Cs-137) di Batan Indah dinilai tidak berbahaya.

“Jadinya banyak yang mengisukan bahwa kejadian ini seperti Chernobyl di Rusia dan Fukushima di Jepang, sepenuhnya itu tidak benar. Karena ini terjadi bukan karena kebocoran reaktor nuklir yang berada di Serpong,” pungkasnya.

Dengan demikian, pihaknya menegaskan bahwa paparan radiasi di komplek BATAN Indah hanya sebatas serpihan limbah yang dibuang oleh yang tak bertanggung jawab.

15 Total View 1 Today View

TerasBanten

INFORMASI AKURAT DAN BERIMBANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *