Pengamat Menilai Rampingnya Dukungan Partai Ben – Pilar di Pilkada Tangsel Minim Kepentingan

Tangsel, Terasbanten.id Ketiga Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangsel dengan membawa masing masing partai pengusung diantara ketiga Pasangan Calon (Paslon) hanya pasangan Benyamin – Pilar Saga yang di usung oleh satu partai pengusung.

Paslon Ben – Pilar hanya di usung oleh Partai Golongan Berkarya (Golkar) dengan 10 kursi di leglislatif. Sementara tidak pada kedua Paslon lainnya yang diusung oleh sejumlah partai dengan jumlah kursi legislatif yang lebih dari cukup atau koalisi gemuk.

Menanggapi hal ini Direktur eksekutif lembaga Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul, menyoroti peta koalisi para pasangan calon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) 2020.

Adib berpendapat, rampingnya koalisi partai pasangan Benyamin-Pilar justru adalah sebuah keuntungan. Sebab, rampingnya koalisi partai pengusung mencerminkan minimnya kepentingan jika nanti pasangan tersebut terpilih.

Menurut adib bagi pasangan yang di usung oleh banyak partai, jika nanti terpilih menjadi pemimpin di Kota Tangsel, maka pasangan tersebut harus mengakomodir sejumlah kepentingan partai yang mengusungnya.

“Rampingnya koalisi partai pengusung Benyamin-Pilar, merupakan sebuah keuntungan. Karena, rampingnya koalisi mencerminkan minimnya kepentingan ketika terpilih dan memimpin. Tinggal bagaimana mereka mampu menyampaikan hal tersebut dan mengedukasi masyarakat,” kata Adib, saat di temui di kawasan Serpong, Rabu (9/9/2020).

Selanjutnya Adib juga menilai, ramping atau gemuknya koalisi partai pengusung pasangan calon, menurutnya tentu akan menpengaruhi pembagian tugas dan kerja tim dalam memenangkan para calon.

“Kalau koalisinya ramping, tim pemenang akan lebih efektif dan efisien dalam bekerja. Karena dimanagemen oleh satu komando. Sementara, hal tersebut akan sulit dilakukan bagi pasangan dengan koalisi gemuk, dalam struktur tim pemenangan dari perwakilan partai pengusung sudah pasti memiliki karakter berbeda-beda dalam pergerakan,” pungkas Adib.

Diketahui sebelumnya Paslon Muhamad – Saraswati didukung oleh 9 partai yaitu PDI, Gerindra, PSI, PAN, Perindo, Nasdem, Garuda, Partai Berkarya, sementara Paslon Siti Nur Azizah – Ruhamaben didukung oleh 4 partai yaitu Partai Demokrat, PKS,PKB, PKPI, dan Pasangan Benyamin Davni – Pilar Saga 1 Partai Pendukung Yaitu Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). / h3n

175 Total View 1 Today View

TerasBanten

INFORMASI AKURAT DAN BERIMBANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *