Balai Warga Jadi Sarana Berkumpul Warga

Walikota Tangsel Airin Resmikan Balai Warga RW 08 diPondok Aren

Tangsel, Terasbanten.id – Tangsel menjadi salah satu kota dengan 70 persen wilayahnya merupakan perumahan. Oleh karena itu Pemkot Tangsel ingin membuat warganya lebih dekat yakni dengan diresmikannya balai warga.

Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany memaparkan jika pada saat dirinya menjabat pada periode awal, terlihat jelas kesenjangan yang terjadi di masyarakat. Terutama masyarakat yang tinggal di kawasan Komplek Perumahan dan di Luar Komplek Perumahan.

Karena itu, salah satu RPJMD yang diusung sejak awal adalah memberikan jembatan terhadap kesenjangan tersebut. Agar sosialisasi antara tingkatannya bisa terjalin dengan baik dan tidak tumpang tindih antara statusnya.
“Kemudian, kami memilih program Balai Warga. Dimana semua RW harus memiliki balai warga untuk memastikan bahwa ada fasilitas umum yang bisa digunakan warga,” ujar Airin dalam Peresmiam Balai Warga Sutera Harmoni RW 013, Pondok Jagung, Serpong Utara, Minggu (1/03).

Dia menambahkan setelah terus ditambahnya balai warga ini, disparitas antara warga mulai terkikis. Kemudian, hubungan antara satu kawasan dengan kawasan lain juga semakin hangat. Sehingga dia merasa bahwa keberadaan Balai Warga memiliki peran yang besar di kalangan masyarakat.

“Pekerjaan Rumah saya sekarang adalah bagaimana saya sebagai pemimpin bisa memilihara keguyuban masyarakatnya sendiri,” ujar ibu dua anak ini.

Airin juga menambahkan jika dibangunnya balai warga ini merupakan motivasi dari kalangan pemerintah kepada warga untuk menciptakan sebuah kawasan yang baik. Dia mencontohkan di beberapa balai warga saat ini dijadikan sebagai perpustakaan mini yang juga bisa diakses oleh anak-anak yang tinggal di kawasan tersebut.

“Saya berharap dengan adanya balai warga ini ada hubungan baik yang terjalin antar warga sehingga, guyub di Kota Tangerang Selatan bisa terus terjaga,” kata dia, dalam peresmian balai warga itu sendiri.

Sementera, kepala Dinas Perumahan kawasan Pemukiman dan Pemakaman (DPKPP) kota Tangsel ,Ade Suprizal menuturkan, bahwa terdapat ratusan balai warga yang sudah dibangun dari 500 RW yang terdapat di Tangsel. Saat ini, mayoritas balai warga yang belum dibangun berada di kawasan perumahan. “Jadi kalau di komplek lebih cepat karena ada fasos fasum, sehingga kita bisa serah terima langsung dari pengembang kepada pemerintah,” ungkapnya. (ADV)

1355 Total View 1 Today View

Redaksi TerasBanten

INFORMASI BERIMBANG DAN AKURAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *