Pandemi Covid-19 dan PSBB, Tangsel Anggarkan Dana 100 Miliaran

Tangsel, Terasbanten.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan ( Tangsel ), Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), akan segera di berlakukan, hal ini dikatakan oleh Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany usai menerima bantuan berupa Alat Pengaman Diri (APD) dan 500 alat Rapid Test Kit (RTK). Di Gedung Pemkot Tangsel, jalan Maruga, Serua, Ciputat, Kamis (09/04/2020).

“Jadi ingin saya sampaikan juga sekaligus ke masyarakat, terkait PSBB bahwa kita sudah koordinasikan ke gubernur banten, begitu pun juga gubernur DKI dan perwakilan dr jawa barat untuk wilayah Jabodetabek dan pak Gubernur menyarankan agar kami masing masing untuk menyampaikan surat PSBB ke Menkes. Hasil rapat dengan OPD dan saran dari Gubernur dan data untuk kita menyampaikan SPBB ini sudah ada,” terangnya.

Airin menambahkan PSBB di Tangsel akan segera dilakukan dan akan berkordinasi dengan wilayah batasan. “Dari hasil masukan semua memang kita harus lakukan PSBB,  dalam arti tidak mungkin PSBB dilakukan besok oleh DKI saja,  tanpa dibantu atas  kebersamaan dengan wilayah Bodetabek lainnya. Karena kita tau rata rata masyarakat kita aktifitasnya bekerja di Jakarta.  jadi harapannya manakala kita sama,  maka kita bisa segera memutus mata rantai,” paparnya.

Menurut Airin, memutus mata rantai dapat dilakukan di hulu dan fokus memutus mata rantai, sementara di hilir penyiapan sarana prasarana ada keterpaduan.

“Misalnya informasi tentang Rumah Sakit, pasien, pergerakan dan lainnya. Mudah mudahan ikhtiar usaha kita dalam menyelesaikan covid bisa segera selesai,” terangnya.

Sementara terkait kisaran anggaran dalam penerapan PSBB dan selama tanggap percepatan penanganan covid-19, menurutnya Pemkot Tangsel sudah melakukan pengeluaran anggaran tersebut hingga PSBB nanti di berlakukan.

“Anggaran yang sudah kita lakukan yaitu pergeseran, bukan hanya soal PSBB yah.  Sampai hari ini kurang lebih Rp 100an miliar lebih. Dan PSBB termasuk dalam anggaran tersebut, Kan ada tiga indikator. Pertama bidang kesehatan, kedua jaring pengamanan sosial, ketiga tentu keamanan dan distribusi barang juga lainnya. Ini yang sudah kita rumuskan bersama sama. Dan alhamdulillah pak gubernur DKI akan berbagi pengalaman, DKI untuk menuntaskan besok mulai beroperasi dan itu menjadi satu kesatuan,” Ungkapnya.

Lanjut Airin anggaran APBD Tangsel 147 miliar masih terus bergerak sampai sekarang,

“Itu di luar dari bantuan pak Presiden lakukan, saya belum tau Banten mau ngasih berapa?, jadi itu untuk disamping dengan jaringan pengaman sosial, kesehatan dan kemanan dan hal lainnya yang terkait dengan kita lakukan PSBB,” pungkasnya./hen

11 Total View 11 Today View

TerasBanten

INFORMASI AKURAT DAN BERIMBANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *